7 TIPS MENULIS ARTIKEL POLITIK YANG IDEAL

Posted: April 1, 2009 in Budaya Politik, INTERNET
Tags: , ,

Setiap saat merupakan waktu yang  menggairahkan untuk menulis artikel politik, blogger yang tidak mau menulis artikel politik hanya karena ditakut-takuti oleh pemikiran tentangnya. bisakah saya menulis artikel politik? Apakah saya mengetahui semua sisi isu-isunya? akibatnya bagaimana jika pembacaku mengetahui lebih banyak tentang politik dibanding yang  saya ketahui? akibatnya bagaimana jika saya tidak mempunyai fakta?

Dari sana pasti mengandung beberapa resiko, tetapi jika kamu mengerti dengan detilnya, potensi penghargaan dapat terbentang dari suatu debat yang panas dengan memberi tahu pembacamu untuk terlibat dalam hal yang penting bagi masa depan.

7 tips berikut saya kemukakan untukmu agar dapat membantu dalam membangun kepercayaan  dirimu dalam menulis artikel politik.

1)   Paparkan dengan sederhana dan tetap fokus.

Hal ini mudah untuk dapat  menangkap tiap-tiap detil tentang isu tertentu, terutama jika ini merupakan salah satu posting politis dan kamu merasa harus berusaha sekuat tenaga. Upaya maksimalmu untuk menyederhanakan posting itu sedapat mungkin dengan bahasa sehari-hari dan mudah dimengerti. Jika pembacamu tertarik, kamu dapat selalu membuat penggoda dari nuansa itu dan memancingnya untuk berkomentar. Atau, jika ada minat yang riil, kamu dapat menulis follow up-nya.

Pemikiran tentang bagaimana mengorganisir tema utamamu. Apakah kamu menulis sekitar suatu organisasi, suatu isu, suatu hukum, suatu kebijakan, suatu anggaran…atau tentang walikotamu? Apapun itu, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah fokus pada  pembahasan utama itu. Isu yang tepat merupakan alasan mengapa pembacamu ada, siapa pemain kunci dan apa hasilnya?. Ketika kamu melakukanya, gunakan momentum ini dengan tepat waktunya, dalam politik momentum sangat menetukan.

2)   Tulislah dengan gaya bahasamu.

ketika kamu merasa tidak nyaman dengan bahasa “teknis” politik, buatlah artikelmu benar-benar  sederhana dan tonjolkan gayamu yang menjadikanmu berbeda dibanding yang lain. lakukan dengan gaya terbaikmu, pesan pembacamu! buatlah mereka merasa nyaman membaca tulisanmu, (memang, kadang-kadang artikel politik menjadi sangat membosankan). Karena itu berusaha keraslah untuk membuatnya menjadi menarik dan nyaman dibaca serta apa yang dilihat oleh pembacamu merupakan artikel dengan gaya khasmu.

3)   Yakinkan pembacamu mengapa topik  ini cocok untuk mereka.

Inilah nasihat yang baik untuk artikel tentang apapun, tetapi setiap paragraph pertama dan keduamu membutuhkan kehati-hatian. Jika pembaca tak melihat artikel politik yang menarik pada blogmu, kamu perlu membantunya memahami mengapa  hal itu diletakkan sana. Dan segera! usahakan mengikatnya ke dalam suatu artikel sebelumnya yang kamu tulis atau dengan cepat mereka akan pergi dari blogmu, bila mereka tak  mendapatkannya, mengapa hal itu mereka lakukan?  segera, kamu menanggung risikonya. atau lebih buruk lagi: mereka akan berpikir kamu tidak fokus dan itu bukanlah blog “mereka” lagi. Dengan memberi tahu pembacamu untuk terlibat dalam hal yang penting bagi masa depan merupakan hal yang diperlukan, mengapa topik yang diangkat cocok bagi mereka.

4)   Dapatkan  statement  pejabat.

Hal ini menakutkan?, tidak, untuk mendapatkannya, kamu tidak harus menghubungi Humasnya, tidak perlu, pasalnya hampir tiap bidang pemerintahan (kadang ratusan) selalu mengeluarkan press release setiap minggunya di situs mereka. Jika kamu menulis tentang pemilu, lihatlah di situs KPU, jika kamu menulis Visi misi dan program Partai politik, kamu lihat di situs parpolnya, atau Jika kamu menulis tentang sekolah atau BOS dikotamu, lihatlah situs Departemen pendidikan. Kamu  tidak setuju dengan statement?, hal ini berguna untuk kredibilitas artikelmu dan pembacamu akan mengetahui persisnya apa yang sedang kamu lakukan, secara resmi!!.

5)   Gunakan photo untuk memperjelas Artikelmu.

Hal besar tentang penulisan isu politis adalah bahwa kamu dapat menggunakan photo dari situs pemerintahan pada blogmu, tanpa kamu harus memotret sendiri, sebab kamu telah membayar pajak pada mereka. Bukan hanya itu, hal ini berguna untuk memperjelas artikelmu, tetapi juga menghubungkan suatu nama dengan seraut wajah. Mungkin ada pembacamu yang mengetahui siapa orang itu melalui TV atau koran, tetapi lupa namanya, sebuah photo akan menjadi pengingat yang baik dan menambah tingkat relevansi artikelmu memang cocok bagi mereka.

6)   Gunakan video untuk meluncurkan argumentasimu.

Kadang-kadang diperlukan latarbelakang pengetahuan untuk menulis artikel politik yang membuat blogger takut tanpa ide yang baik, video ini bisa didapat dari situs penyedia video seperti youtube atau google video. Penyajian laporan berita yang berimbang harus terdapat dalam artikelmu. Kamu dapat menambah satu atau dua bagian cerita yang mereka hilangkan. Nah!..Sekarang kamu dapat melaporkannya dari sudut pandangmu..

7)   Periksa tampilan jika ingin melihat hasil yang kamu inginkan.

•    Apakah telah informatif? Jika demikian, Apakah anda telah memberikan informasi yang cukup dengan segala sumberdaya?

•    Apakah kamu menghimbau kedalam pembelaan politis? Jika demikian, Apakah kamu berada dalam posisi netral dan berharap pembaca mengikutimu?

•    Apakah anda berusaha membuka debat tentang permasalahan yang dihadapi masyarakat? Jika demikian, Apakah anda siap berdiskusi dengan mereka?

Tips-tips yang dikemukakan ini tidaklah menjadikan kamu seperti pengamat politik ternama dengan ulasannya yang menarik perhatian, tapi menjadikan kamu dapat membuat artikel politik dengan ideal.

Advertisements

Comments are closed.