PEMILU, JANGAN SALAH PILIH..!!!

Posted: March 19, 2009 in Budaya Politik, iklan politik,kepemimpinan,pemilu,otonomi daerah, kampanye
Tags: , , ,

Tanggung jawab masyarakat semakin dituntut untuk mensukseskan pemilu yang tinggal menghitung hari. Pemilu yang akan diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia dari kota sampai ke desa, baik itu kota besar maupun kota kecil atau desa yang terletak jauh dipedalaman sekalipun, dalam pemilu yang tepatnya pada 9 April 2009 nanti rakyat akan menyalurkan aspirasinya guna memilih wakil rakyat, baik itu Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota maupun DPR RI.

Masyarakat masih tampak bingung dalam menentukan pilihannya dimana masing-masing Calon legislatif (caleg) memaparkan program dan pengharapan kepada masyarakat serta diiringi dengan janji-janji manis terutama disaat krisis tengah melanda perekonomian Indonesia dan Dunia, semuanya yang disampaikan sangatlah enak untuk didengar, tapi sulit untuk dilaksanakan, pasalnya untuk memperbaiki taraf hidup serta perekonomian yang sedang terpuruk ini memerlukan waktu dan pemikiran yang jernih bukan hanya untuk sesaat. semua program dari Parpol diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat (walefare) pada umumnya.

Poster serta baleho dari sang caleg sangat menarik simpati dan juga simpatisan yang tergabung dalam tim sukses menebarkan bakti dengan harapan untuk dapat dipilih, semua itu merupakan strategi dalam mendulang suara. sekarang yang menjadi pertanyaannya, apakah yang akan masyarakat pilih itu nantinya akan benar-benar memperjuangkan aspirasi masyarakat yang memilihnya ?.

Wakil rakyat merupakan kedaulatan suara rakyat melalui lembaga perwakilan rakyat yang akan memperjuangkan nasib rakyat dan kemana arah Negara Republik Indonesia ini akan dibawa, mereka yang terpilih nantinya akan mengemban tugas ini. Untuk itu kita sebagai rakyat mengharapkan wakil rakyat nanti bisa mencerminkan kebanggaan masyarakat yang diwakilinya.

Sekedar masukan buat kita semua agar tidak salah pilih wakil rakyat, pasalnya, jika salah pilih nantinya akan berdampak luas bagi kehidupan masyarakat, nantinya anggota Dewan  yang terpilih akan salah menggunakan kepercayaan masyarakat, sehingga mereka bekerja hanya untuk mencari nafkah bagi keluarganya sendiri beserta kaum kerabat, teman, saudara  bahkan sanak famili, seharusnya mereka berjuang untuk masyarakat yang memberi kepercayaan dalam mengemban amanah yang sungguh berat ini.

Mengantisipasi supaya hal ini tidak terjadi dengan harapan yang besar jangan salah pilih kita coba memilih wakil rakyat yang mau berjuang dengan penuh tanggung jawab  dalam mengemban amanah rakyat.

Beberapa kriteria yang dapat digunakan sebagai salah satu acuan dalam memilih wakil rakyat, Pertama mempunyai moral dan etika yang baik, kedua mempunyai pendidikan serta Ilmu pengetahuan yang luas, ketiga mempunyai track record selama ini dirasakan masyarakat manfaatnya, keempat hilangkan sifat ego sentris terhadap caleg, kelima mengenali dan memahami caleg dari program, visi dan misinya, dapat dikatakan bahwa siapapun nantinya yang terpilih semunya tergantung niat yang tulus dari sanubari sang caleg “dari dan untuk rakyat“.

Dengan banyaknya parpol dan caleg yang “bertarung” pada pemilu 2009 ini, masyarakat jualah yang akan memilihnya, karena memilih adalah hak individu warga negara. Sebagai Warga Negara yang baik marilah kita sukseskan Pemilu 2009 ini dengan menyalurkan aspirasi dan menggunakan hak pilih, sebaliknya Negara harus menjamin hak warganya dengan  tidak mengintervensi agar memihak suatu kelompok ataupun Parpol tertentu.

Bagaimana? Anda ada sudut pandang lain, mari kita diskusikan..

Comments are closed.