Kampanye pemilu telah dimulai 16 maret ini, kampanye merupakan sosialisasi visi misi calon legislatif (caleg), kampanye dapat dilakukan melalui berbagai media massa, web blog merupakan salahsatu media penyebaran informasi, media web blog sangat ideal dimanfaatkan sebagai panggung kampanye.

Caleg yang dapat memanfaatkan sarana web blog dimungkinkan dapat meraih suara yang cukup besar, melalui webblog dapat menambah lumbung suara, hal ini dikarenakan banyaknya potensi pemilih yang sering berselancar di internet, dari semua yang berselancar ini tentunya ada yang berasal dari daerah pemilihan anda, dengan demikian anda dapat berkampanye terus.

Para caleg dapat membangun web blog sebagai sarana kampanye politik untuk mensosialisasikan visi misi kepada konstituennya, web blog dapat menjangkau keseluruh dunia bukan hanya daerah pemilihan anda saja, melalui web blog ini pemilih dapat mengetahui detail program anda dan yang terpenting kontak interaksi caleg dengan konstituen dapat terjalin dengan akrab.

Dengan web blog ini banyak keuntungan yang diperoleh jika dibandingkan dengan situs web seperti, pemilik blog tidak perlu memahami bahasa HTML, pemilik web blog tidak perlu memiliki kemapuan pemrograman, tersedianya template desain yang melimpah dan sudah memiliki fasilitas content Management System (CMS) didalamnya serta dapat menghemat biaya kampanye dengan menggunakan web blog gratis seperti web blog penulis ini di wordpress.com.

Untuk membangun web blog ini tidaklah terlalu sulit, yang penting caleg memiliki kemauan dan kesadaran tinggi serta peduli terhadap konstituennya, karena memang web blog lebih menekankan interaksi antara pemilik web blog dengan pengunjungnya, pendaftaran di wordpress.com tidaklah sulit, anda cuma mengarahkan browser kesayangan anda ke http://wordpress.com, klik tombol “sign up now!” untuk memulai pendaftaran dan ikuti saja petunjuk seterusnya.

Pemanfaatan web blog dalam kampanye politik sangat berguna bagi partai politik, caleg dan konstituen dalam penyampaian informasi mengenai programnya, track recordnya dan bagaimana cara pencapaian visi misinya, disamping itu konstituen dapat memberikan tanggapan terhadap informasi tersebut, dengan ini terjalinlah interaksi diantara keduanya.

Caleg juga akan mendapatkan konstituen yang berkualitas disamping kuantitas dan yang akan mengontrol berjalanya visi misi yang ditawarkan sebagai bagian dari umpan balik (feedback) terhadap pelaksanaan programnya.

Keterbatasan ruang di situs partai politik menjadikan caleg harus segera mengambil peluang meraih suara dari internet, dengan web blog ini caleg dapat lebih leluasa mengutarakan informasi mengenai dirinya, apa yang telah dilakukannya, apa yang mendorongnya untuk maju sebagai caleg, informasi yang dipostingkan caleg akan mendapat tanggapan dari konstituen dan harus segera ditanggapi dengan baik, keakraban yang terjalin ini hendaknya terus menerus dijaga walaupun sang caleg telah melenggang kelembaga legislatif, pasalnya dengan komunikasi aktif inilah popularitas Caleg semakin membaik dan tersohor.

Dari pengamatan penulis, kurangnya pemanfaatan dunia internet sebagai panggung kampanye oleh caleg ini disebabkan faktor ketidak tahuan, pasalnya selama ini penggunaan internet hanya untuk mencari informasi bukan menyampaikan informasi, disinilah perlunya peran partai politik mempersiapkan kader-kadernya dalam memanfaatkan teknologi sebagai lahan baru dalam menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan konstituen.dan kedepan kita berharap kepeduliannya terhadap perkembangan teknologi informasi.

Bagaimana anda ada kiat lain atau punya media lain untuk mempromosikan anda? mari kita diskusikan……komentar..disini..

Comments are closed.