SEPERTI APA CIRI PEMIMPIN IDEAL?.

Posted: March 10, 2009 in iklan politik,kepemimpinan,pemilu,otonomi daerah
Tags: ,

Hanya sang Pemimpin yang baik yang dapat membawa masa depan yang lebih baik pula, pasalnya dari pemimpin inilah kita sebagai rakyat menggantungkan harapan masa depan yang lebih baik menuju kesejahteraan materil dan spriritual.

Ada beberapa ciri pemimpin yang ideal menurut penulis perlu diketengahkan guna menilai dan mencari kualitas pemimpin dalam pemilu 2009 yaitu Pemimpin yang bercirikan; Pertama Benar dan membawa kebenaran, ciri pemimpin ini dapat dilihat dari kehidupannya sehari-hari, dengan perkataan yang benar bukan sekedar janji politik yang menina-bobokan masyarakat yang tak pernah direalisasikan, Kedua Amanah, sebagai pemegang amanah yang diberikan masyarakat dalam pemilu, pemimpin hendaknya menjaga dan menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai tata peraturan yang berlaku (the rule of the games).

Ketiga mengayomi, selalu menyampaikan programnya guna mendapatkan peranserta masyarakat dan mengayomi masyarakatnya, sehingga terjalin hubungan yang baik dengan masyarakat yang dipimpinnya, keakraban ini diperlukan guna menyukseskan pelaksanaan tugasnya, Keempat Keteladanan, keteladanan pemimpin terlihat dari kehidupan sehari-hari, dia selalu memberikan teladan bagi anggota keluarganya dan bagi lingkungannya, perhatian baik dan jiwa sosialnya tidak muncul mendadak hanya saat menjelang pemilu melainkan selalu menghiasi setiap gerak-gerik hidupnya. mengingat dia berbuat baik didasari dengan sikap tulus dan ikhlas bukan mengharap balas jasa.

Kelima Jujur, besarnya kekuasaan dan wewenang pada Pemimpin menyebabkan rawan terjadinya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, sehingga pemimpin perlu memiliki kejujuran agar dapat menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan kepentingan rakyat, keenam Berwibawa, sikap wibawa hanya akan lahir, bila seseorang memiliki jiwa kepemimpinan (Leadership), sebab seseorang mendapat jabatan yang tinggi belum tentu memiliki leadership.

Ketujuh Tegas, sikap tegas perlu dimiliki oleh pemimpin terutama dalam bersikap dan dalam mengambil keputusan, dia harus cepat melihat kebawah, cepat mengambil keputusan dan cepat bertindak dengan tepat, kedelapan adil dan bijaksana, pemimpin yang adil dan bijaksana hanya akan memihak kepada kebenaran dan dia selalu bersikap proporsional, tidak membedakan orang berdasarkan keturunan, suku dan golongannya.

Dari beberapa ciri ideal pemimpin ini masyarakat dapat menentukan pilihannya, siapa yang dipilih masyarakat  untuk mewakilinya dilembaga legislatif.

Selain ciri ini perlu juga ditinjau track recordnya dengan memperhatikan ciri berikut; Pertama bila berkata, selalu dusta, ketidak sesuaian antara perkataan dengan perbuatannya, perkataan yang diucapkan tidak mengandung suatu kebenaran. Kedua bila berjanji, tak pernah ditepati, janji-janji yang terlalu muluk yang tak mungkin dapat dicapai dalam masa baktinya, baiknya dihindari, pasalnya masyarakat selalu mengingat janji-janji politik yang belum terealisasi walau dengan alasan “tak cukup waktu untuk merealisasikannya”, ketiga bila beri kepercayaan selalu mengkhianati, kepercayaan yang diberikan masyarakat dengan menconteng pemimpinnya merupakan amanah harus dijaga, kepercayaan untuk mewakili masyarakat di lembaga legislatif, berjuang untuk kesejahteraan masyarakat melalui penetapan peraturan-peraturan yang dilegislasi.

Nah, bagaimana ? anda punya ciri pemimpin yang lain?, mari kita diskusikan……demi kebaikan dan kemaslahatan bersama, semoga di pemilu ini kita dapat menyalurkan aspirasi politik kepada pemimpin yang ideal dan prorakyat…

Comments are closed.