SEPERTI APA BUDAYA POLITIK KITA?.

Posted: March 10, 2009 in Budaya Politik
Tags: ,

Pemilihan umum (pemilu) legislatif yang jatuh pada 9 April 2009 akan segera dilangsungkan. berlangsungnya pemilu sebagai “Pesta demokrasi” ini merupakaan wujud kedaulatan rakyat dalam menyalurkan aspirasi politiknya. pemilu 2009 ini akan mempertontonkan perilaku politik dalam budaya politik (political culture).

Penampilan dan pemilu legislatif sesungguhnya merupakan pekerjaan politik (political technic) yang sangat kompleks, rumit dan berat. Dalam melaksanakan pekerjaan politik ini kita telah mencatat berbagai “mesin” politik telah bekerja keras demi pencapaian tujuan politik, berbagai diskusi dan perdebatan telah berlangsung seru dan berbagai political bargaining telah terjadi alot guna mengoptimalkan penyaluran aspirasi politik. berbagai pengarahan telah didengar persis dan berbagai kesepakatan telah dibuat dengan cermat. Dengan menangani semua itu secara dewasa dan bijaksana, betapapun kompleksnya, rumit, luas dan berat, kita  harus bisa menyongsong pemilu ini guna menghasilkan pemimpin ideal yang mewakili masyarakat di lembaga legislatif.

Hal ini dapat diartikan bahwa kita telah maju selangkah lagi dalam membangun kehidupan politik demokratik, kemajuan ini terang merupakan prestasi politik kita semua, prestasi bersama masyarakat dalam memilih pemimpin politik masa depan.

Budaya politik pada dasarnya terkait erat dengan sikap dan tingkah laku politik yang diperagakan dan didemontrasikan masyarakat pendukung suatu sistem politik. Adanya peragaan sikap dan tingkah laku politik ini yang pada garis besarnya menunjukkan kedewasaan kita berpolitik dan pengembangan budaya politik.

Selama kurun waktu menjelang pemilu legislatif ini kita telah melihat dan mendengar tingkah laku politik yang diperagakan para calon legislator dan partai politik kita guna meraih simpati masyarakat, hal ini terlihat dari penggunaan kesempatan berpendapat dengan cukup bebas, sikap dan tingkah laku yang mentolerir perbedaan pendapat, sikap dan tingkah laku yang menjunjung tinggi aturan main (the rule of the games), tingkah laku yang menghormati kesepakatan dan mementingkan kebersamaan.

Sikap dan tingkah laku politik bernilai tersebut patut kita suburkan dan kita pelihara dengan baik guna menyukseskan rangkaian kegiatan pemilu legislatif dan pemilu berikutnya. bahkan pada segenap aktivitas politik pemerintahan dan masyarakat.

Penghormatan yang tinggi terhadap aturan main oleh para kandidat akan meningkatkan popularitas dan kebanggaan masyarakat yang mempunyai calon pemimpin yang bersportifitas tinggi, pasalnya sudah tidak eranya mencari celah-celah dalam aturan main guna meraih simpati masyarakat, karena memang masyarakat kita menghendaki perlakuan yang lebih bermartabat, atau dengan kata lain perlu penerapan perilaku politik yang bermartabat (human dignity).

Bangsa Indonesia sebagai bangsa timur yang sangat menjunjung tinggi etika, adab dan sopan santun sebagai norma perilaku sehari-hari, maka nilai perilaku inilah yang mestinya tercermin dalam tindakan politik yang dilakukan dan diperagakan diajang pesta demokrasi pemilu 2009.

Bagaimana pendapat anda? atau anda punya pandangan lain dengan budaya politik kita? Mari kita diskusikan..!!!

Comments are closed.